Kamis, 07 April 2011

Penyebab dan Pencegah Kanker

Penyakit Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang.


Kanker dapat disebabkan oleh berbagai hal, berikut beberapa penyebab kanker:

  • Faktor KeturunanBeberapa jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 s/d 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara. 
  • Faktor Gaya Hidup
    Kanker payudara tidak hanya dapat menyerang wanita, pria juga dapat mengalaminya, hal i
    tu disebabkan karena mereka menggunakan beberapa obat, pecandu alcohol, pengguna marijuana atau mempunyai tingkat hormone yang tidak normal.
  • Faktor Virus
    Virus yang dapat dan dicurigai menyebabkan kanker antara lain :
      - Virus Papilloma menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) agaknya merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita. - Virus Sitomegalo menyebabkan Sarkoma Kaposi (kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah) - Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati. - Virus Epstein - Bar (di Afrika) menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China virus ini menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan. Ini terjadi karena faktor lingkungan dan genetik. - Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya. 
  • Radikal Bebas
    Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber - sumber radikal bebas yaitu : 
      1. Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme. 2. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari. 3. Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fisik, psikologis,maupun biologis. 
  • Lingkungan dan Kebersihan
    Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan cara jitu untuk menjaga diri dari segala macam penyakit. Karena udara merupakan media penghantar virus tercepat.
Dan beberapa cara untuk mencegah kanker adalah :

  • Menghindari polusi udara, air dan makanan
  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan untuk mencegah infeksi.
  • Mengkonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan dan kualitas gizi yang diperlukan oleh tubuh setiap hari.
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak 400 – 800 gram perhari dan makanan bioaktif lainnya.
  • Menghindari pencemaran dan penggunaan bahan kimia pada makanan.
  • Menjaga berat badan ideal.
Prevent is better than Cure.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar