Sabtu, 23 April 2011

Hal Sepele Berdampak Serius

Apa yang paling membedakan orang-orang zaman dulu dan sekarang? cara berpikir sudah pasti, pakaian apalagi, peralatan elektonik sudah jelas, tapi ada lagi yang lebih jelas walaupun tak terlihat yaitu kesehatan mereka. Orang-orang jaman dulu cenderung lebih sehat dan kuat dibanding orang-orang jaman sekarang yang kebanyakan mengidap penyakit yang 'aneh-aneh' kalau mau dibilang. Kenapa ya? apa supaya dunia kedokteran semakin canggih, maka penyakitnya juga harus canggih? Karena kalau penyakitnya itu-itu aja dunia kedokteran jalan ditempat dong??

Tapi saya punya alesan kenapa orang-orang jaman sekarang cenderung punya penyakit aneh-aneh..
  1.  Menyimpan ponsel di saku celana
    Hari gini ngga ada orang yang ngga punya ponsel alias handphone, mulai dari anak SD sampai Kakek-Nenek semua pegang hp. Mulai dari yang cuma bisa buat telpon dan sms sampai yang canggih kayak komputer dikantongin. Padahal hp adalah benda yang sangat berbahaya! Buat yang suka ngantongin hp di saku celana, hp bisa menyebabkan mandul karena gelombang elektrostatis dan elektromagnetnya.
  2. Meletakkan ponsel dekat kepala
    Kedua gelombang tersebut juga dapat menyebabkan kanker otak jika sering diletakan didekat kepala. Orang biasanya melakukan ini saat akan pergi tidur, mungkin maksudnya biar denger kalau ada yang telepon atau sms atau kirim IM.
  3. Terlalu sering menggunakan hp
    Sering menggunakan hp terutama untuk menelepon juga dapat merusak telinga serta DNA kita, disebabkan hp mengeluarkan radiasi yang dapat merusak DNA dan jaringan tubuh yang lain. So, hati-hati pakai hp.
  4. Menggunakan High Heels
    Kebanyakan perempuan mengaku merasa lebih seksi kalau pakai high heels atau sepatu hak tinggi, tetapi sadarkah mereka kalau mereka 'harus' membayar untuk keseksian tersebut karena high heels dapat menimbulkan perubahan struktur tulang dan sendi ibu jari sehingga menyebabkan ibu jari kaki bengkok, serta varises. Hal ini juga tidak baik untuk wanita hamil karena high heels dapat menarik otot-otot disekitar perut.
  5. Memangku Laptop
    Walaupun Laptop memiliki arti sesuatu yang dipangku, tapi sebenarnya memangku laptop sangat tidak dianjurkan! Panas laptop bisa mencapai 50 derajat Celcius dan berpotensi menyebabkan kemandulan terutama pada pria dan juga dapat merusak kulit paha serta kanker.
  6. Polusi
    Pencemaran udara sudah pasti mmpengaruhi kesehatan kita, polusi udara dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan, penyakit jantung, kanker dan berbagai macam penyakit lainnya akibat dari meningkatnya jumlah radikal bebas. Dan jelas sekali bahwa dari tahun ke tahun jumlah penghasil polutan terus meningkat, seperti kendaraan bermotor dan pabrik.

Itu adalah beberapa contoh dari hal-hal yang terkadang kita anggap sepele namun sebenarnya akan membawa pengaruh untuk jangka panjang kita sendiri dan orang-orang disekitar kita. Untuk itu marilah kita lebih berhati-hati. Waspadalah!! Waspadalah!!!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar